Improving The Skills of Narrative Writing Through Mind mapping in Class VI Students of SDN Bageng 01

Edy Triwibowo

Abstract

Model pembelajaran adalah pola pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran dikelas agar efektif dan efisien sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.Tony Buzan mengatakan bahwa model mind mapping adalah cara mencatat efektif, kreatif, menyenangkan dan secara harfiah akan memetakan pikiran- pikiran kita. Mind mapping adalah suatu cara mencatat yang mengembangkan gaya belajar visual dengan menggunakan simbol, huruf, angka, hingga warna yang beragam. Mind mapping digunakan pada siswa kelas VI di SD Negeri Bageng 01 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati, Penggunaan model pembelajaran mind mapping sangat efektif meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia aspek karangan narasi dimana siswa pada awal pembelajaran hanya 25% yang mencapai KKM. Pada siklus I 50% yang mencapai KKM dan pada Siklus II 95% siswa tuntas. Model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi dan dapat meningkatkan kompetensi serta meningkatkan kualitas proses pembelajaran secara optimal.

Keywords

Model Pembelajaran, Mind Mapping, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.