Application of Consectual Learning in Mathematics to Increase View Students' Learning Outcomes in SD Negeri 2 Gobras

Reni Risnawati

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor internal dan faktor eksternal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana perencanaan menentukan luas bangun gabungan? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan penerepan model kontekstual pada mata pelajaran matematika ? (3) Bagaimana kemampuan siswa menentukan luas bangun gabungan?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatf deskriptif . Adapun prosedur penelitian ini menggunakan model PTK menurut Kemmis dan Taggart dengan langkah 2 siklus.Tempat penelitian ini di laksanakan di SD Negeri Gobras 2 Kecamatan Tamanjaya dengan jumlah siswa kelas VI 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan test tertulis sedangkan instrument yang digunakan adalah PAKG I ,APKG 2 dan lembar tugas siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data interpretasi data terhadap masing –masing siklus disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran konstektual : (1) Meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran dengan model kontekstual (2) Meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran model kontekstual (3) Meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran (4) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan luas bangun gabungan.

Keywords

hasil belajar, matematika, pembelajaran kontekstual

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.