Implementation of character education at adisucipto state school 1 year 2014

Devilianto Devilianto

Abstract

Penelitian tentang Implementasi Pendidikan Karakter di SD Negeri Adisucipto 1 bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter, peran kepala sekolah dan guru dalan pembinaan karakter siswa, faktor yang mempengaruhi program implementasi pendidikan karakter dan kultur sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk naturalistik. Penelitian dilakukan di SD Negeri Adisucipto 1. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan di lingkungan sekolah maupun didalam kelas . Subyek penelitian terdiri atas: guru, kepala sekolah, siswa dan orang tua siswa. Objek penelitian adalah implementasi pendidikan karakter, yang tercantum dalam: tata tertib sekolah, kultur sekolah, kegiatan ekstrakurikuler dan intrakulikuler. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan catatan lapangan. Analisis data dengan metode diskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa: (1) implementasi pendidikan karakter telah dilakukan. (2) peran kepala sekolah mengarahkan guru, tenaga admistrasi, siswa untuk berdisiplin dan bertanggung jawab. (3) faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter meliputi faktor pendukung dan penghambat. (4) Kultur sekolah dilaksanakan dengan membiasakan siswa, guru, tenaga administrasi saling bersalaman serta menjaga lingkungan sekolah.

Keywords

Pendidikan karakter, tata tertib sekolah, kegiatan ekstrakurikuler , kultur sekolah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.