The Effect of Cooperative Learning Type Make a Match Model on Conceptual Mastery of Students In Class IV Elementary School

Meri Marliyus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning type make a match terhadap penguasaan konseptual siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu, dengan desain The Matching Only Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Citayam 03. Sampel yang dipilih adalah kelas IV A yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen, kelas IVB yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengantes Pretest-Posttest sebanyak 20 soAl obyekif dan 20 soal angket. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji- t. Data hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata rata pretest kelas ekperimen (40,83 ; SD=13,15) dan posttestkelas eksperimen (87,87 ; SD=9,59). Hasil persentase kenaikan nilai rata-rata hasil belajar aspek kognitif kelaskontrol 86,9% dan eksperimen 115,2%. Kenaikan persentase nilai pada kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol, dapat dilihat dari perbedaan kenaikan hasil belajar kognitif sebesar 28,3%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Cooperative Learning Type Makea Match Terhadap Penguasaan Konseptual Dan Siswa Kelas IV SD Negeri Citayam 03.

Keywords

Model Cooperative Learning, Type Make a Match, Penguasaan Konseptual, Sikap Bekerjasama.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.