Improving Story Writing Skills in Elementary School Students Through Picture- Based Pjbl Learning Methods

Tri Janatin

Abstract

Keterampilan menulis cerita perlu ditingkatkan untuk menuju sekolah yang berkualitas. Pendidik berupaya untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui Metode Project Based Learning (PjBL) berbantu media gambar berseri pada power point supaya memiliki keterampilan menulis cerita yang lebih baik lagi. Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Menumbuhkan minat siswa dalam menulis, (2) untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa Sekolah Dasar dengan metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Gambar Berseri. Penggunaan media gambar berseri dalam proses belajar mengajar memiliki peranan yang sangat penting khususnya dalam kegiatan menulis karena memiliki gambar (rangkaian peristiwa/kejadian) yang sudah terstruktur atau tersusun secara sistematis sehingga memudahkan siswa dalam menuangkan gagasan, pikiran, atau ide-idenya melalui kegiatan menulis. Berdasarkan uraian di atas, dengan gambar berseri siswa akan lebih mudah dan tertarik dalam mengembangkan imajinasinya. Dan melalui metode pembelajaran PjBL siswa akan lebih bangga karena dari pembelajaran tersebut siswa akan menghasilkan sebuah produk. Sehingga penulis memilih metode pembelajaran PjBL dan gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa Sekolah Dasar.

Keywords

Keterampilan menulis, Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Gambar Berseri

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.