Using Inclusion Teaching Style to Increase the Learning Outcome of Underhand Service Mini Volleyball on The 4th Grade in Elementary School

Aprilia Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah bolavoli mini siswa kelas IV SD N 1 Puhpelem Kab. Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Puhpelem Kab. Wonogiri. Sumber data berasal dari siswa, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang didasarkan pada analisis kualitatif Persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah bolavoli mini siswa kelas IV SD N 1 Puhpelem Kab. Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016. Persentase ketuntasan siklus 1 sebesar 60%, siklus 2 sebesar 84%. Jadi penggunaan gaya mengajar inklusi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli mini.

Keywords

Hasil Belajar, Servis Bawah Bola Voli Mini, Gaya Mengajar Inklusi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.