Analysis of The Causes of Reading Difficulty Beginning for Students of Class 1 Elementary School
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan hasil kesulitan membaca permulaan dan faktor yang penghambat,pada siswa kelas 1 SD Negeri Pagiyanten 01,Tahun Ajaran 2019/2020. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas 1/A yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif,deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasilnya menunjukkan tes membaca permulaan siswa kelas 1 dari 22 siswa 12 anak mengalami kesulitan membaca permulaan dan 10 anak memiliki kemampuan membaca permulaan yang cukup baik. Faktor yang menghambat pembaca permulaan siswa di kelas 1 yaitu faktor anak yang belum mengenal huruf (kemampuan daya ingat yang lemah), kurangnya motivasi belajar ,faktor lingkungan keluarga kurangnya bimbingan orang tua di rumah, dan tidak tersedianya bahan bacaan. Solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut yaitu, guru kelas memberikan pelatihan khusus bagi siswa yang mengalami kesulitan,menjalin hubungan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua siswa agar selalu memantau anak dalam belajar membaca, minat belajar siswa harus dikembangkan dan dilatih secara rutin.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.