Application of Contextual Teaching and Learning (CTL) Approaches and Experimental Methods to Increase Learning Outcomes in Science Themes of Vegetative Plants in Class V Elementary School

Yermia Agus Ratnanto

Abstract

Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Perkembangan Tema Tumbuhan secara Vegetatif pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ujungwatu Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA Tema Perkembangan Tumbuhan secara Vegetatif pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ujungwatu Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Ujungwatu tahun 2019/2020 yang terdiri dari 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, sedangkan analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA Tumbuhan secara Vegetatif pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ujungwatu Tahun Ajaran 2019/2020. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 23,5%, siklus II sebesar 53%, dan siklus III sebesar 82%. Jadi, pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Metode Eksperimen dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA.

Keywords

Contextual Teaching and Learning (CTL), Metode eksperimen, Hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.