Psychological Studies Of The Reality Of The Student Development: Reviewed From The Theory of Jean Piaget, Lev Vygotsky, Jerome Bruner, & David Paul Ausubel

Rinawati Agustien Dwi Dayanty

Abstract

Studi ini dilatar belakangi akan pentingnya memahami komponen peserta didik sebagai salah satu bagian dari kajian disiplin pedogogik. Pemahaman ini menjadi sangat penting bagi pendidik karena dapat dijadikan landasan untuk menyelenggarakan proses praksis pendidikan. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian psikologis terhadap realitas perkembangan peserta didik yang ditinjau dari teroinya Jean Piaget, Lev Vygotsky, Jerome Bruner, & David Paul Ausubel. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah kajian pustaka. Berdasarkan hasil studi Jean Piaget menekankan akan perlunya penerapan asas peragaan, & pengelompokan homogen; Lev Vygotsky menekankan akan perlunya pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik agar dapat berkolaborasi dan berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki kecakapan yang lebih tinggi; Jerome Bruner menekankan pada pembelajaran yang menyajikan penyelesaian masalah, dimana masalahnya sudah direkasaya oleh pendidik; dan David Paul Ausubel menekankan pada perlunya penyedian materi advance sebagai bahan untuk mengaitkan materi lama dengan materi baru yang akan dipelajari, materi disampaikan dari umum ke khusus, materi yang akan dipelajari berkaitan dengan materi yang sebelumnya, dan materi disampaikan dari yang sederhana ke kompleks. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teorinya Jean Piaget menekankan pada pembelajaran konstruktivisme, Lev Vigotsky menekankan pada pembelajaran kooperatif, Jerome Bruner menekankan pada pembelajaran discovery learning dan David Paul Ausubel menekankan pada pembelajaran bermakna.

Keywords

Perkembangan Peserta Didik, Piaget, Vygotsky, Bruner, Ausubel

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.