Improving the Discipline and Learning Achievement of Civics through Cooperative Learning Type of Student Team Achievement Division (STAD) for Elementary School Students

Puji Setiawan

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan sikap disiplin dan Prestasi Belajar PPKn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Kelas IV Tema 3 SDN Karangsembung 02. Dalam pelaksanannya siklus I, peneliti tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Kemudian pada siklus II, peneliti menggunakan media dalam pembelajaran. Peneliti menggunakan desain penelitian dalam bentuk perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Peneltian ini akan dilaksanakan kepada siswa kelas IV SD Negeri Karangsembung 02 pada bulan Agustus sampai Oktober 2020. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis yang dilakukan yaitu pada aspek afektif dan kognitif. Siswa dikatakan sudah menunjukan sikap disiplin jika sudah mencangkup minimal 3 indikator. Kemudian siswa secara individu dikatakan tuntas jika sudah mencapai nilai 70 dan tuntas secara klasikal jika sudah mencapai 85%. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa proses perbaikan pembelajaran PPKn dengan materi pokok pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari di kelas IV pada semester I SD Negeri Karangsembung 02 pada siklus 1 dan siklus II meningkat.

Keywords

Hasil belajar PPKn, Kelas IV Tema 3, Pendekatan Kooperatif tipe STAD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.