Improving Mathematics Learning Outcomes of Grade Two Students of State Elementary School 5 Cibunar Through Problem Based Learning (PBL) Model

Elis Sahara

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SDN 5 Cibunar dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan subjek penerima tindakan adalah 18 siswa kelas dua di sekolah tersebut. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode pengujian, metode dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi pelajaran konsep perkalian. Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilihat dari: 1) Ketuntasan belajar siswa ini sebelum tindakan 5 siswa (27,78%) dan pada akhir tindakan mencapai 17 siswa (94,44%), 2) Keberanian siswa untuk menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan adalah 3 siswa (16,67%) dan pada akhir tindakan mencapai 14 siswa (77,78%), 3) Siswa yang menanggapi pendapat siswa lain sebelum tindakan sebanyak 2 siswa (11,11%) dan pada akhir tindakan mencapai 12 siswa (66,67%), 4) Siswa antusias mengerjakan soal-soal sebelum tindakan yaitu 4 siswa (22,22%) dan pada akhir tindakan mencapai 16 siswa (88,89 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pelajaran konsep perkalian.

Keywords

Problem Based Learning, Hasil belajar, Konsep perkalian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.