Improving Learning Outcomes of Front Rolling and Back Wheeling Movements Using The Peer Tutor Method

Slamet Riyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan “Metode Tutor Sebaya” dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan hasil belajar materi Meroda, Guling Depan, dan Guling Belakang. Adapun pembelajaran yang digunakan adalahmenggunakan metode “Tutor Sebaya”. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan. Untuk mengukur siswa dalam penguasaan materi yang diberikan adalah tes unjuk kerja pada akhir setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada akhir setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dan peningkatan kemampuan siswa dalam proses belajar mengajar Meroda, Guling Depan, dan Guling Belakang pada Aktivitas Senam Lantai. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pada kondisi awal, hasil siklus I, dan hasil siklus II. Pada kondisi awal nilai rata-ratanya 73,6 dengan ketuntasan belajar pada siklus I nilai rata-rataya 76,5 dengan ketuntasan 66 %, sedangkan tingkat minat dan motivasi yang posistif sebesar 80,78%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya 77,1 dengan ketuntasan belajar 87 % dengan tingkat minat dan motivasi sebesar 95,63%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode “Tutor Sebaya” dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan hasil belajar siswa untuk mengajarkan kompetensi dasar Mempraktikkan kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai pada materi Meroda, Guling Depan, dan Guling Belakang.

Keywords

Tutor Sebaya, Meroda, Guling depan dan Guling Belakang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.