Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Empat Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Problem Based Learning

Rina Susanti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning untuk memperbaiki proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Tempat pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pulosari 1 tahun ajaran 2022-2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Instrumen penelitian yang digunakan adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang didapat adalah peserta didik kurang responsive dan kurangnya persiapan sehingga terdapat beberapa kendala. Sarana dan prasarana pendukunng yang ada di sekolah, pendidik, dan peserta didik sangat mempengaruhi keberhasilan proses belajar.

Keywords

hasil belajar siswa, proses pembelajaran, model problem based learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.