Use of Synthetic Analytic Structural Methods (SAS) in Improving Beginning Reading Skills Indonesian Learning

Suyatno Suyatno

Abstract

Penelitian ini bertujuan (a) mengetahui penggunaan metode SAS yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IIb) mengetahui penggunaan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode tindakan kelas. Subyek Penelitian Tindakan Kelas yaitu kelas II SDN 1 Klirong. Pengumpulan data menggunakan instrumen pedoman wawancara , cheklist dan angket .Dianalisis menggunakan analisis data kualitatif. Sedangkan data non tes dianalisis dengan metode perbandingan tetap yaitu reduksi data, kategori, sintesisasi dan menyusun hipotesiss kerja.Analisis data melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data kuntitatif dianalisis dengan mempresentase, kemudian dipaparkan dalam kalimat kualitatif. Data kualitatif dianalisis dengan cara membuat skor terhadap item-item yang perlu diberi skor. Untuk memperoleh validasi data ,peneliti menggunakan triangulasi waktu yaitu berdasarkan keadaan sebelum penelitian, keadaan waktu penelitian dan sesudah penelitian serta triangulasi sumber yaitu guru dan dua teman sejawat menggunakan alat angket ,ceklist dan wawancara.

Keywords

Struktural analitik sintetik, membaca permulaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.