Increasing Student'S Interest And Learning Outcomes Through The Use Of Concrete Pros In Mathematics Learning Basic Competencies To Know Simple Flat Building In Class 3 SD Negeri Purwodadi 03

Umiyatun Umiyatun

Abstract

Penelitian bertujuan untuk (1) menganalisis dan menjelaskan dampak penggunaan alat peraga konkret terhadap peningkatan minat belajar siswa. (2) menganalisis dan menjelaskan dampak penggunaan alat peraga konkret terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Data diperoleh melalui tes tertulis berupa ulangan harian, pengamatan teman sejawat dan wawancara. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan alat peraga konkret dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih baik dari pembelajaran sebelum perbaikan. Pada siklus I, siswa yang tuntas belajar naik 19,23% (bertambah 5 siswa dari studi awal) menjadi 21 siswa atau80,77% dengan nilai rata-rata 77,69. Pada siklus II siswa yang tuntas belajar naik 19,23% (bertambah 5 siswa dari siklus I) menjadi 26 siswa atau 100% dengan nilai rata-rata 88,46.(2) penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan minat belajar siswa.Pada studi awal, siswa yang menunjukkan minat belajar 11 siswa atau 42,31%. Pada sikulus I, siswa yang menunjukkan minat belajar 19 siswa atau 73,08%. Pada siklus II, siswa yang menunjukkan minat belajar 25 siswa atau 96,15%.

Keywords

alat peraga konkret,hasil belajar, minat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.