Improving Learning Outcomes in Neighboring Country Natural Appearance Materials Applying Picture and Picture Learning Models for Class VI Students in Semester I SD Negeri Karangpelem 3
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Kenampakan Alam Negara Tetangga Menerapkan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri Karangpelem 3. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI Semester I di SD Negeri Karangpelem 3 dengan jumlah siswa 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis komparatif, yakni membandingkan hasil pembelajaran antar siklus. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan penerapan model pembelajaran picture and picture dengn menggunakan media peta dari sterofom dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa menunjukkan dari 24 siswa terdapat 8 siswa atau 33% yang mencapai ketuntasan pada kondisi awal atau pra siklus,pada siklus I meningkat menjadi 11 siswa atau persentase 45% dan pada siklus II meningkat menjadi 14 siswa 75%, pada siklus III ketercapaian ketuntasan siswa meningkat menjadi 22 siswa atau 91%. Peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal hingga siklus III sebesar 59%.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.