Use of Audio Visual Learning Media to Improve Student Learning Outcomes in Social Studies Subjects in Elementary Schools

Kristina Triari

Abstract

Mata pelajaran merupakan pelajaran yang dikenal pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Bahan kajian dalam IPS di SD meliputi keadaan suatu wilayah, perekonomian, dan perkembangan masyarakat Indonesia yang terjadi sejak masalalu hingga masa kini. Media pembelajaran visual adalah jenis media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melihatkan pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu proses atau satu kegiatan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah literatur review terkait dengan penggunaan media audio visual menurut para ahli dan buku sebagai acuanatau referensi, serta mencari data informasi dari berbagai sumber. Berdasarkan review yang dilakukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPS sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio visual dalam kegiatan pembelajaran IPS di kelas, Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar.

Keywords

Hasil belajar, media pembelajaran audio visual

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.