The Application Of The Pbl Model In Improving The Learning Outcomes Of Class 1 Students Kebon Batur State Elementary School 1 Mathematics Subject Theme 2 2019/2020 Academic Year

Shobahul Faroh

Abstract

Mata pelajaran matematika merupakan salah satu studi ditingkat sekolah dasar. Karena masih rendahnya kemampuan pemahaman siswa terhadap pelajaran ini khususnya materi tema 2, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran yang sesuai sintaks model problem based learning (PBL) guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Kebonbatur 1 tahun pelajaran 2019/2020 mata pelajaran matematika tema 2. Seting PTK dilakukan pada siswa kelas I SD Negeri Kebonbatur 1 tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, sedangkan analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I SD Negeri Kebonbatur 1 mata pelajaran matematika tema 2 tahun pelajaran 2019/2020. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 75 % dan siklus II sebesar 87,5 % Jadi, model problem based learning (PBL) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika.

Keywords

problem based learning, hasil belajar, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.