Application of Demonstration and Peer Tutor Method to Improve Student Comprehension of Force Theory
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran IPA dengan metode demonstrasi dan tutor sebaya pada materi pokok gaya; (2) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa pada materi pokok gaya; (3) Mencari efektifitas dalam meningkatkan pembelajaran materi pokok gaya. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas melalui metode demonstrasi dan tutor sebaya, dengan menggunanakan dua siklus. Subyek peneliatian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Gempolsongo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dari perbaikan pembelajaran siklus I dengan metode demonstrasi ternyata pemahaman siswa terhadap konsep yang telah dipelajari dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat pada tabel dan diagram hasil tes formatif siklus I. Dalam ketuntasan belajar sebelum perbaikan 13 siswa atau 34% meningkat menjadi 26 siswa atau 68%, masih ada 12 siswa yang belum tuntas. (2) Hasil tes formatif siklus II dengan metode tutor sebaya pemahaman siswa lebih meningkat. Prestasi 26 dari 38 siswa dinyatakan tuntas atau 8% dari siklus II meningkat menjadi 37 siswa maka semua sudah tuntas atau 97%. Kesimpulan penelitian ini adalah metode demonstrasi dan tutor sebaya mempunyai beberapa kelebihan yaitu, mampu menciptakan suasana belajar aktif dan menyenangkan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.