Improving Critical Thinking Skills Through The Example Non Example Model In The Thematic Learning of Students of Class III SD Negeri Getas 2

Abdul Muis

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kompetensi hasil belajar subtema Perkembangan Teknologi Produksi Sandang pada siswa kelas 3 SD Negeri Getas 2 pada tahun ajaran 2021.Penelitian ini merupakan penelitian yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Subjek Peniltian ini adalah siswa kelas tiga SD Negeri Getas 2 Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 27 siswa.Teknik pengumpulan Pengumpulan data untuk mengukur keberhasilan hasil belajar siswa menggunakan teknik tes pada setiap siklus yang berupa pilihan ganda, sedangkan pada pengukuran keterampilan berpikir kritis menggunakan rubrik penilaian hasil kerja siswa. Penilaian tersebut menggunakan 6 indikator berpikir kritis. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Model Example Non Example dapat meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III SD Negeri Getas 2 Pada tahun ajaran 2020/2021. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 62,93 %, siklus II sebesar ,74,07%, . Jadi Model Example Non Examle sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan Ketrampilan berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III SD Negeri Getas 2 Pada tahun ajaran 2020/2021.

Keywords

example non example,berprikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.