Improving Learning Outcomes of Social Studies Lesson Contents Through Scientific Approach Problem Based Learning Model Assisted by Picture Media for Grade 4 Students

Nina Sukowati

Abstract

Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terbagi menjadi 3 pertemuan dan 1 pertemuan evaluasi pada siklus I dan 4 pertemuan dengan 1 kali evaluasi pada siklus II. Penelitian ini dilakukan pada 28 siswa kelas 4 semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 di SDN Boto Kecamatan Jaken Kabupaten Pati. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif adalah data observasional, data tentang keefektifan penggunaan pendekatan saintifik dalam model Problem Based Learning. Data kuantitatif adalah data tentang hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Boto. Peningkatan ini terlihat dari rata-rata hasil tes pra siklus 59 tingkat ketuntasan klasikal sebesar 42,85% menjadi nilai rata-rata 74, ketuntasan klasikal 71,43% pada siklus I dan peningkatan pada siklus II nilai rata-rata ketuntasan klasikal 83. tingkat 92,86%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik model Problem Based Learning dengan bantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran IPS.

Keywords

model pembelajaran problem based learning, hasil belajar IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.