Improving Student Learning Outcomes In Science Lessons By Using Images Media In Class IV SD N 1 Nglebur

Suhut Meilana

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IV dengan menggunakan metode gambar. Pentingnya peran guru dalam menentukan strategi. Metode dan media pembelajaran yang digunakan harus tepat dan sesuai dengan tema dan tujuan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran akan berjalan lebih baik dan secara otomatis akan meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran siswa sulit memperoleh nilai diatas KKM, hal ini bisa disebabkan kurangnya media dan alat peraga yang mendukung proses pembelajaran pada mata pelajaran Sains di kelas IV SDN 1 Nglebur. Penelitian ini bertujuan meningkatkan belajar siswa dengan menggunakan media gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas di SDN 1 Nglebur siswa kelas IV dengan jumlah siswa 25 anak. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dan data yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan tes. Pada penelitian ini menunjukkan hasil pada siklus I: 45,17%, pada siklus II: 76,80% dan pada siklus III 95,17%. Berdasarkan pencapaian hasil belajar siswa pada siklus I, siklus II dan siklus III bahwa penggunaan alat peraga / media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan proses pembelajaran dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Keywords

Hasil belajar siswa meningkat dengan media gambar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.