Increasing Student Learning Outcomes Far Jump Materials Through Explicit Method Instructions in Students of Class V SD Negeri 3 Tekaran Selogiri District For The Study Year 2019/2020

Guntur Anggoro Putro

Abstract

Guru melakukan penelitian pendidikan jasmani, kesehatan, dan olahraga materi lompat jauh kelas V di SD Negeri 3 Tekaran menggunakan metode Explicit Intruction karena pada materi tersebut banyak ditemukan kelemahan pada hasil pembelajarannya, terutama pada minat siswa kelas V saat melakukan lompat jauh. Padahal masa usia siswa kelas V seperti menurut para ahli adalah masa dimana siswa memiliki penimbunan kekuatan dan memiliki rasa ingin mencoba yang tinggi. Dengan tunjuan yaitu 1).Mendeskripsikan peningkat proses pembelajaran dengan dengan Metode Explicit Intruction untuk meningkatkan minat dan hasil belajar materi lompat jauh; 2). Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menerapkan prosedur kombinasi pola gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional setelah diberikan pembelajaran dengan Metode Explicit Intruction; 3). Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional setelah diberikan pembelajaran dengan Metode Explicit Intruction.

Keywords

lompat jauh, explicit intruction

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.