Application Of The Problem Based Learning Model To Improve Students' Learning Outcomes Class V SD Negeri Kalijaran 02 In Science Courses Academic Year 2021/2022

Umi Indaryati

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dari peneliti yaitu berupa rendahnya nilai hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPA dengan banyaknya siswa yang nilainya dibawah KKM dengan hasil pengamatan dari 12 siswa jumlah peserta didik di kelas V, hanya 3 anak yang tuntas di atas KKM (25%) dan ada 9 anak (75%) dengan nilai di bawah KKM. Mencermati hal di atas perlu adanya perbaikan dan pembaharuan model pembelajaran yang bervariasi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran inovatif salah satunya yaitu model pembelajaran Problem Based Learning. Model ini merupakan salah satu pendekatan yang digunakan untuk merangsang berpikir tingkat tinggi siswa dalam situasi yang berorientasi pada masalah dunia nyata, termasuk di dalamnya belajar bagaimana belajar.” Metode penlitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Kalijaran 02 tahun 2020/2021. Tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 73 pada siklus I menjadi 85 pada sikus II. Persentase ketuntasan belajar klasikal pun meningkat dari siklus I yang mencapai 45% menjadi 80% di siklus II. Jadi enerapan model pembelajaran Problem Basde Learning dapat meningkatkan pembelajaran IPA peserta didik kelas V SDN Kalijaran 02 Kabupaten Cilacap.

Keywords

Model Pembelajaran PBL, hasil belajar, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.