Improving Student Activities and Learning Outcomes Through Cooperative Learning Approach Class V SDN Banjaran 01

Tuti Waryani

Abstract

Pada Pembelajaran Gaya Magnet fungsi guru sebagai pasilitator, yang mampu memberikan bimbingan kepada peserta didik. Pembelajaran di SD menekankan pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Peserta didiklah yang aktif melakukan proses pembelajaran, interaksi peserta didik dengan peserta didik, peserta didik dengan guru dapat berjalan dengan baik. Tujuan artikel ini mendeskripsikan proses pembelajaran,peningkatan aktivitas pembelajaran,peningkatan hasil pembelajaran materi gaya magnet di kelas V SD Negeri Banjaran 01. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan cooperative learning dapat diterapkan dalam proses pembelajaran tentang materi gaya magnet dan hasil efektif atau dapat memperbaiki proses dan hasil pembelajaran. Aktivitas peserta didik terhadap pembelajaran materi gaya magnet dengan menerapkan pendekatan cooperative learning menunjukan adanya peningkatan yang signifikan.

Keywords

cooperative learning, aktivitas belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.