The Application of Creative Problem Solving to The Activeness and Learning Outcomes of Students In 02 Cangakan Elementary School
Abstract
Berdasarkan observasi di SD N 02 Cangakan Karanganyar, kurang tepatnya pemilihan model dan media dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar rendah dalam pembelajaran matematika penjumlahan bilangan bulat kelas III SD Negeri 02 cangakan Karanganyar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk meningkatkan hasil belajar pada penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan model Creative Problem Solving di kelas III SD Negeri 02 Cangakan. Pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan model Creative Problem Solving pada siklus I yaitu memperoleh nilai rata-rata 63, mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata yakni 71 namun masih ada siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus III kembali meningkat dengan memperoleh nilai rata-rata 90 dengan semua siswa sudah memenuhi ketuntasan minimal. Jadi kesimpulannya, terdapat peningkatan keaktifan siswa serta hasil belajar dengan menggunakan model Creative Problem-Solving yang signifikan
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.