Gerakan Literasi Sekolah (GLS) to Increase Reading Interest of Elementary School Students
Abstract
Pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti menjadi dasar dalam mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai kegiatan yang bersifat partisipatif mendorong seluruh peserta didik agar memiliki minat membaca buku dan membangun ekosistem literasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) atau kajian literatur (literature review). Sumber penelitian ini adalah artikel ilmiah yang relevan dengan permasalahan. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi yang terdiri dari jurnal penelitian dan prosiding. Analisis data dilakukan menggunakan analisis isi (content analysis). Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat baca peserta didik yang terdiri dari kegiatan membaca 15 menit sebelum pemmbelajaran dimulai, pemanfaatn sudut baca, dan kunjungan perpustakaan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.