Employing Discovery Learning Learning Model To Increase Students' Learning Outcomes In Theme 1 Subtheme 1 Learning in Class 3 Elementary School

Lina Romaniati

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3 SD Negeri 2 Kaliwiro, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo pada tema 1 subtema 1. Peneliti menggunakan model pembelajaran discovery learning. Subjek penelitian adalah 24 peserta didik kelas 3 SD Negeri 2 Kaliwiro yang terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini manggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan PTK dengan 2 siklus. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah 100% dengan rata-rata nilai minimal 90,0. Siklus pertama hasil belajar peserta didik mencapai 41,7% dengan rata-rata nilai hasil belajar mencapai 72,9. Siklus kedua hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 100% dengan rata-rata nilai 97,5. Berdasarkan temuan dan hasil pengamatan, disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran tema 1 subtema 1 di kelas 3 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords

discovery learning, hasil belajar peserta didik, inovasi pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.