The Use of Problem Based Learning Models to Improve Activities and Mathematics Learning Outcomes for Class VI Students of Kauman 01 Batang State Elementary School

Kartono Kartono

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas secara konseptual penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada aktivitas peserta didik dan hasil belajar di sekolah dasar, menunjukkan bahwa dengan beberapa usaha yang telah dilakukan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik kelas VI, tetapi upaya belum dapat berjalan secara optimal terutama aktivitas peserta didik yang semakin menurun, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan proses pembelajaran salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan pengamatan menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki dampak yang baik dari segi aktivitas dan hasil belajar, secara konseptual bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat digunakan sebagai salah satu model yang sejalan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang berdampak baik pada hasil belajar peserta didik.

Keywords

model pembelajaran problem based learning, aktivitas, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.