Increasing Mathematics Learning Outcomes On Fraction Materials Using The Demonstration Method In Class 5 Students Of Sd Negeri Kalicari 02 Kota Semarang

Ika Dewi Putri Nurningtiyas

Abstract

Kesesuaian metode dalam pembelajaran mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Hasil evaluasi peserta didik kelas V di SDN Kalicari 02 berada di bawah nilai KKM. Hasil evaluasi pada prasiklus menunjukkan 37,50% dari 24 peserta didik berada di atas KKM. Maka dari itu penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan bantuan teman sejawat. Penelitian ini dilakukan pada kelas V di SDN Kalicari 02 yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran Matematika materi pecahan kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini berlangsung 2 siklus. Hasil siklus 1, peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM 67% dan pada siklus ke 2 mengalami kenaikan menjadi 83%. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa metode demonstrasi mampu meningkatkan nilai hasil evaluasi peserta didik pada pembelajaran Matematika materi pecahan.

Keywords

hasil belajar, pembelajaran matematika, metode demonstrasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.