Application of The Scientific Approach to Improve Student Activity in The Thematic Learning in Class VI B SDN Karanganyar Kawalu District, Tasikmalaya City

Heti Solihati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran melalui penerapan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI B SDN Karanganyar tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 35 siswa. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif berupa observasi, diskusi dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tematik. Persentase skor keaktifan pada siklus I ] 42,38%, siklus II 63,75% dan siklus III 72,50%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,86%. Siklus II mencapai 79,71%. Siklus III, mencapai 83,43%. Sehingga pendekatan saintifik dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Keywords

pendekatan saintifik, peningkatan keaktifan belajar, tematik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.