Efforts to Improve Student's Understanding About Using Time Measurement with The Unit of Hours Through the Use of Clock Props and Drill Method Class II SDN Cukilan 01 Suruh District Semarang Academic Year 2020/2021

Ani Irawati Munawiroh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan hasil belajar matematika tentang penggunaan alat ukur dengan satuan jam di kelas II SDN Cukilan 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 41 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode drill dengan menggunakan alat peraga konkret dapat meningkatkan hasi belajar matematika tentang menggunakan alat ukur dengan satuan jam pada siswa kelas II SDN Cukilan 01. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 41,5%, siklus I sebesar 61%, dan siklus II sebesar 90%.

Keywords

matematika, metode drill, hasil belajar, alat peraga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.