Efforts to Improve Indonesian Learning Outcomes through Problem Solving Method
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menerapkan metode problem solving pada siswa kelas VI SDN Sidorejo 03 Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah. Penelitian tindakan kelas merupakan suatu upaya perbaikan berbagai macam permasalahan pembelajaran di kelas. Hasil penelitian ialah data analisis aktivitas guru pada data awal sebesar 50%. Lalu pertemuan II sebesar 60%, pertemuan III 75%, dan pertemuan IV sebesar 90%. Data analisis aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada pertemuan I hanya sebesar 52%, kemudian pertemuan II sebesar 65%, pertemuan III 70%, dan pertemuan IV sebesar 92%. Kemudian peningkatan hasil belajar didapat dari Penilaian harian, yaitu PH I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75 dan PH II sebesar 89 yang artinya terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Dengan melihat data tersebut penerapan metode problem solving cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VI SDN Sidorejo 03 Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.