Improving Beginning Reading Skills in Grade I Students of SD Negeri Harjosari Kidul 01 through the Use of the Syllable Method

Rosita Rosita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan guru dalam menggunakan metode suku kata pada siswa kelas IA SD Negeri Harjosari Kidul 01. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dengan tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini berjumlah 25 yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) tes membaca lisan dan tes tertulis memahami kalimat, 2) observasi. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Indikator keberhasilan siswa harus dicapai dengan rerata kelas 70 dan ketuntasannya 80 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Metode Suku Kata dapat mempengaruhi keterampilan membaca permulaan, dengan di tandai adanya peningkatan kemampuan membaca pada setiap siklus. Pada siklus I, hasil tes kemampuan membaca permulaan adalah 64%. Sedangkan pada siklus II, hasil tes kemampuan membaca permulaan sebesar 76%. Pada tindakan ini keterampilan membaca siswa dengan lafal dan membaca kalimat meningkat hingga mencapai kriteria ketuntasan yang di tetapkan, yaitu dengan rata-rata kelas 70 dan ketuntasan kelas 80%, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.

Keywords

keterampilan membaca permulaan, metode suku kata

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.