Improving Motivation and Achievement in Mathematics Learning Theme 7 Through Make a match Model for Grade II Students at SDN Betokan 2

Rizka Emilia Rohmah

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar dimaksudkan sebagai suatu proses belajar mengajar dalam rangka mengembangkan kreativitas berpikir siswa pada usia sekolah dasar dalam belajar bernalar secara kritis. Model pembelajaran make a match dengan media benda konkret dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran sehingga siswa mampu aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Matematika dengan menerapkan model pembelajaran make a match dengan media benda konkret pada siswa kelas II SD Negeri Betokan 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan beberapa siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Betokan 2 Demak yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan tes. Instrumen pengumpulan data adalah soal tes, lembar angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi dan prestasi belajar pada siswa kelas II SD Negeri Betokan 2 Demak yaitu pada siklus I dengan persentase 77% menjadi 80%. Selain itu, terdapat pula peningkatan perolehan rata-rata nilai tes siklus I sebesar 73,67 dan rata-rata nilai tes siklus II sebesar 81,83. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dengan media benda konkret dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika.

Keywords

make a match, benda konkret, motivasi, prestasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.