Improving Mathematics Learning Outcomes in Simple Fraction Materials through Fraction Card Media in Class III SD Negeri Sayung 1 Sayung District, Demak Regency

Nur Hidayah

Abstract

Latar belakang masalah adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Hasil pembelajaran matematika di kelas III semester II tahun pelajaran 2020/2021 pada materi pecahan masih ada 27 peserta didik dari 18 peserta didik belum mencapai KKM. Hasil belajar peserta didik masih rendah. Oleh karena itu, perlu adanya pembelajaran yang inovatif, yaitu media kartu pecahan. Subjek penelitian peserta didik kelas VI SD Negeri Sayung 1 tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran meningkatkan aktvitas belajar, terjadi perubahan perilaku belajar peserta didik berada di kategori baik. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan kerja sama, komunikatif, dan percaya diri tampak baik. Hasil pembelajaran materi pecahan ada peningkatan dari nila rata-rata kondisi awal 55,92 kemudian pada siklus I nilai rata-rata kelas 70 sedangkan pada siklus II menjadi 82,59. Langkah–langkah penggunaan model media kartu pecahan yaitu siapkan satu set kartu, kartu dikocok, dan dibagikan kepada pemainnya secara adil, setiap pemainnya dapat memulai permainan dengan mengeluarkan satu kartu, pemain yang lain mengeluarkan kartu yang besarnya melebihi nilai kartu dari pemain satu, dan seterusnya, pemain yang kartunya paling cepat habis maka dia disebut sebagai pemenang. Hasil belajar peserta didik melalui media kartu pecahan mengal;ami peningkatan.

Keywords

hasil belajar matematika, pecahan sederhana, media kartu pecahan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.