Improving The Ability to Express Apologies, Please, and Thank You using Standard Vocabulary Through Practice Methods for Class I Students

Natalina Ira Sianti

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengungkapkan permintaan maaf, tolong dan terima kasih dengan metode latihan pada siswa kelas I SD Masehi Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas I SD Masehi Kudus. Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukannya tindakan, hasil belajar siswa pada materi ungkapan permintaan maaf, tolong dan terima kasih menggunakan kosakata baku hanya mencapai 30% atau belum mencapai ketuntasan klasikal. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan walaupun belum mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan >70%, dengan ketuntasan klasikal sebesar 55.6%. Pembelajaran pada siklus II dilaksanakan dengan memperhatikan hasil refleksi pada siklus I agar tujuan pembelajaran tercapai. Pada siklus II, hasil belajar siswa mencapai 92%. Berdasarkan hasil tersebut, kegiatan atau pembelajaran ungkapan permintaan maaf, tolong dan terima kasih dalam keterampilan mengucapkan melalui kegiatan penilaian keterampilan menulis pada siswa kelas I SD Masehi Kudus tahun pelajaran 2020/2021 mengalami peningkatan.

Keywords

metode latihan, kemampuan, mengungkapkan, kalimat efektif, kosakata baku

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.