Improving Elementary School Student's Learning Interest with Concrete Objects Media

Kusbudiningsih Kusbudiningsih

Abstract

Penggunaan Media Konkret Meningkatkan Minat Belajar Siswa Matematika Kelas III SD Negeri 2 Sambongsari Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media benda konkrit pada mata pelajaran matematika materi pecahan di SD Negeri 2 Sambongsari Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Media konkrit digunakan untuk mempermudah siswa memperoleh pemahaman konsep pecahan dan operasi bilangan pecahan sederhana dengan tepat dan cepat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan bentuk descriptive kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan pada penguasaan konsep pecahan dan operasi pecahan serta ketuntasan belajar siswa. Hasil penilaian pemahaman konsep pecahan pada siswa diperoleh melalui tes tulis berupa pemberian soal uraian dengan banyak soal 5 butir. Sebelum penggunaan media pembelajaran konkrit, diperoleh hasil penilaian sebagai berikut: 19 siswa tidak lulus KKM 59%), 13 siswa lulus KKM (41%), dan rata-rata nilai siswa 73 (tidak mencapai KKM). Sedangkan setelah penggunaan media konkrit diperoleh hasil sebagai berikut: 3 siswa tidak lulus KKM (9%), 29 siswa lulus KKM (91%), dan rata-rata nilai siswa 89 (mencapai KKM).

Keywords

matematika, pecahan, media konkrit

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.