Application of The Problem Based Learning (PBL) Learning Model to Increase IPA Learning Outcomes for Class V

Endah Setia Triningrum

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPA yang masih bersifat konvensional mengakibatkan belum optimalnya hasil belajar kognitif siswa. Sehingga tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat menumbuhkan hasil belajar IPA kelas V SDN Padangjaya 03. Subjek penelitian adalah siswa/siswi kelas V SDN Padangjaya 03 di Kecamatan Majenang Tahun ajaran 2000/2021 yang berjumlah 11 anak. Hasil data diperoleh melalui pemberian tes. Tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar IPA yang dikumpulkan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukan dengan menggunakan model Problem based Learning (PBL) dapat menambah hasil belajar siswa kelas V di SDN Padangjaya 03. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 54,55%. menunjukan adanya peningkatan namun belum mencapai indikator yang ditentukan karena masih berada pada kriteria tidak baik dan pada siklus II 94,44% berada pada kriteria baik. Jadi kesimpulan pembahasan adalah penenrapan model Problem Based Learning (PBL) memiliki dampak yang sangat baik terhadap hasil belajar siswa, hal ini dapat kita lihat dari pelajaran IPA materi Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau.

Keywords

PBL, hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.