The Use of Pros To Improve Students' Learning Outcomes in Indonesian Currents About Wind Directions in Class Iii Semester II SD Negeri Malahayu 01 Sub-District Banjarharja, Brebes Regency 2020/2021 Academic Year

Dino Santoso

Abstract

Penelitian ini merupakan Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara penelitian, observasi, dan subjek yang diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan alat peraga kelas III SD Negeri Malahayu 01. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Malahayu 01 yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester II Tahun Pelajaran 2020/2021, tepatnya pada bulan Maret 2021 dengan menggunakan 2 siklus dengan waktu 2 x 35 menit pada setiap pertemuan. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi, pengamatan dan soal tes.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hail belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran sederhana di SD Negeri Malahayu 01 mengalami peningkatan dalam dua siklus dengan nilai yang cukup baik. Hasil pembelajaran Bahasa Indonesia pada pra-siklus ketuntasan belajar siswa 20%, pencapaian ketuntasan pada siklus I mencapai 70 % dan pada Siklus II ketuntasan siswa menjadi 90 % dengan nilai rata-rata kelas 80. Selain itu terjadi peningkatan proses belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilaksanakan guru dengan menggunakan metode demonstrasi.

Keywords

alat peraga, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.