Improving Mathematics Learning Outcomes of Grade 6 Students with Circle Materials with the Jigsaw Method

Siti Nur Rahayu

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 6 Materi Lingkaran dengan Metode Jigsaw di SDN Pondok Labu 12 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan nilai Matematika siswa kelas VI SD Negeri Pondok Labu 12 Cilandak , Jakarta Selatan dalam pokok bahasan lingkaran dengan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw, Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus . subjek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SD Negeri Pondok Labu 12 yang berjumlah 31 orang. Pencapaian keberhasilan dari setiap tindakan dapat dilihat dari dua aspek, yaitu proses dan hasil evaluasi. Hasil penelitian terbukti bahwa model pembelajaran kooperatif khususnya metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan lingkaran siswa kelas VI SDN Pondok Labu 12 Cilandak,Jakarta Selatan. hasil observasi/pengamatan pada siklus I siswa mencapai ketuntasan 60% dan meningkat pada siklus II dengan ketuntasan 80%. Maka berdasarkan hasil dari penelitian membuktikan bahwa Penggunaan model pembelajaran cooperative learning metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pelajaran matematika pokok bahasan lingkaran .

Keywords

hasil belajar, metode jigsaw, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.