Increasing Mathematics Learning Outcomes Through Problem Based Learning Model For IV Class Students Of SDN 01 Widuri

Umi Nasiah

Abstract

Problem based learning merupakan model pembelajaran yang mengintegraskan peserta didik dalam kelompok. Model pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi peneliti, ditemukan hasil pengamatan bahwa pembelajaran di kelas IV SDN 01 Widuri masih berpusat pada guru karena model pembelajaran yang digunakan adalah ceramah. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran saat guru menggunakan model pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran Problem BasedLearning (PBL) yang bisa dirancang oleh guru mencakup orientasi masalah pada peserta didik, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, membimbingpenyelidikan individu atau kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 01 Widuri tahun pelajaran 2020/2021 dengan ketuntasan belajar klasikal peserta didik dari 35% pada pra siklus menjadi 59% pada siklus I dan 100% pada siklus II.

Keywords

hasil belajar, PBL, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.