Project based learning Model to Increase Activity and Cognitive Learning Outcomes for V Grade Students of SDN 1 Plosorejo, Tawangharjo District, Grobogan Regency
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif tema 5 subtema 1 pada peserta didik kelas V SDN 1 Plosorejo menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL). Subjek dari penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas V SDN 1 Plosorejo. Teknik pengumpulan data penelitian manggunakan angket pengamatan keaktifan dan tes formatif berbasis online. Berdasarkan pengamatan pembelajaran pada siklus pertama, tingkat keaktifan dan hasil belajar peserta didik mencapai 50%. Pada siklus kedua, mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik hingga mencapai 83,33%. Penelitian belum dinyatakan berhasil karena indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah 85%. Pada siklus ketiga mampu meningkatkan keaktifan peserta didik yakni 100% dari jumlah peserta didik kelas V mendapatkan niai lebih atau sama dengan KKM disertai rata-rata nilai mencapai 95. Atas dasar hal itu, peneliti menarik simpulan bahwa dengan penerapan model pada pembelajaran tema 5 subtema 1 di kelas V SDN 1 Plosorejo dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik. Dengan hasil ini, diharapkan mampu menjadi salah satu referensi bagi peneliti lain dalam mengembangkan inovasi pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.