Project based learning Model to Increase Activity and Cognitive Learning Outcomes for V Grade Students of SDN 1 Plosorejo, Tawangharjo District, Grobogan Regency

Siti Nur Hasanah

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif tema 5 subtema 1 pada peserta didik kelas V SDN 1 Plosorejo menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL). Subjek dari penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas V SDN 1 Plosorejo. Teknik pengumpulan data penelitian manggunakan angket pengamatan keaktifan dan tes formatif berbasis online. Berdasarkan pengamatan pembelajaran pada siklus pertama, tingkat keaktifan dan hasil belajar peserta didik mencapai 50%. Pada siklus kedua, mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik hingga mencapai 83,33%. Penelitian belum dinyatakan berhasil karena indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah 85%. Pada siklus ketiga mampu meningkatkan keaktifan peserta didik yakni 100% dari jumlah peserta didik kelas V mendapatkan niai lebih atau sama dengan KKM disertai rata-rata nilai mencapai 95. Atas dasar hal itu, peneliti menarik simpulan bahwa dengan penerapan model pada pembelajaran tema 5 subtema 1 di kelas V SDN 1 Plosorejo dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik. Dengan hasil ini, diharapkan mampu menjadi salah satu referensi bagi peneliti lain dalam mengembangkan inovasi pembelajaran.

Keywords

keaktifan, hasil belajar kognitif, project based learning (PjBL)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.