Analysis Causes of the Low Literature Ability of Students in Indonesia
Abstract
Kemajuan setiap bangsa akan sangat ditentukan oleh cara berfikir dan bertindak masyarakatnya. Jika hari ini kita masih memaknai literasi hanya sekedar kemampuan membaca maka akan semakin jauh tertinggal dari bangsa-bangsa lain di dunia. Beberapa hasil penelitian internasional menunjukan masih rendahnya kemampuan literasi bangsa Indonesia. Oleh karena itu memahami hakikat dan tujuan literasi jauh lebih penting bagi bangsa ini agar akar masalah yang menjadi penyebab rendahnya kemampuan literasi bangsa ini bisa ditemukan, sehingga dapat dirumuskan berbagai alternatif solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau kajian literatur yang menganalisis dan menarik benang merah dari berbagai hasil penelitian dan hasil karya tulis ilmiah. Dari kajian literatur ini diperoleh beberapa penyebab rendahnya kemampuan literasi siswa di Indonesia, diantaranya: 1) miskonsepsi, 2) model/metode dan bahan ajar yang tidak sesuai, 3) rendahnya minat dan pembiasaan membaca, dan 4) iklim dan lingkungan belajar yang tidak kondusif. Kondisi inilah yang mengharuskan bangsa ini khususnya para peniliti dan civitas pendidikan untuk segera membenahi diri dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran, terutama yang terkait dengan kemampuan literasi siswa dalam berbagai disiplin ilmu sehingga mampu menghasilkan berbagai kecakapan dan keterampilan hidup agar dapat berkompetisi dengan negara-negara maju lainnya di era milineal abad 21 ini.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.