Improving the Ability to Run 40 Meters Through Playing Approaches for Grade IV Students

Rina Ekayati

Abstract

Latar belakang masalah bagaimana peningkatan kemampuan lari cepat 40 meter pada siswa kelas IV, Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk meningkatkan kuatitas dan kecepatan lari 40 meter melalui penerapan metode bermain. Hal tersebut ditandai dengan adanya peningkatan lari cepat 40 meter selama pembelajaran dilaksanakan. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipatif, artinya peneliti tidak melakukan penelitian sendiri tetapi berkolaborasi atau bekerja sama dengan guru Pendidikan Jasmani dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Paseh, seca ra partisipasif bersama dengan mitra. Penelitian dilaksanakan langkah demi langkah, pertemuan berjalan 2 siklus dan setiap pertemuan menunjukkan tahap perkembangan proses pembelajaran pendidikan jasmani dengan materi lari cepat 40 meter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan bermain dalam lari cepat dapat meningkatkan kemampuan lari cepat 40 meter seperti yang diharapkan, bukti peningkatan tersebut dapat dilihat dari data ketuntasan hasil belajar dari studi awal, siklus I, siklus II. Didapat data dari studi awal yang belum tuntas 18 siswa (60%) dari 30 siswa meningkat pada siklus I menjadi 16 siswa belum tuntas (53,3%) dan meningkat secara signifikan pada siklus II menjadi 3 siswa yang belum tuntas (10%). Berdasarkan penelitian diatas maka dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan pendekatan bermain dapat meningkatkan kemampuan lari cepat 40 meter.

Keywords

peningkatan, kemampuan, lari cepat 40 meter,melalui pendekatan bermain

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.