The Application of PBL Model Using Pine Cards as A Learning Aid To Increase Students’ Active Participation And Mathematic Learning Achievement on Grade Six of SD Mejobo 3 Of Semester I Of 2021/2022 Academic Year

Prawestya Tunggul Damayatanti

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Kartu Pinus pada peserta didik kelas VI. Model PBL adalah model pembelajaran yang mengembangkan kemampuan siswa dalam proses pemecahan masalah (problem solving). Sehingga, penting bagi peserta didik untuk merencanakan suatu pembelajaran berbasis masalah yang kontekstual agar siswa dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalahnya dengan baik. Berdasarkan hasil ulangan harian matematika di kelas VI SD 3 Mejobo dari jumlah 16 hanya 7 siswa (44%) yang mendapat nilai ≥ 67 (tuntas) sedangkan 9 siswa (56%) mendapat nilai < 67 (belum tuntas). Penelitian ini merupakan action research (penelitian tindakan kelas) yang terdiri dari dua siklus. Setelah dilaksanakan pembelajaran PBL berbatuan Kartu Pinus, terjadi peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa. Hasil belajar siswa meningkat sebesar 18,5% yaitu 62,5% pada siklus 1 dan meningkat 81% pada siklus 2. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan Kartu Pinus telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI SD 3 Mejobo Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Oleh karena itu, PBL disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika.

Keywords

hasil belajar, problem based learning, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.