Improving Mathematics Activities and Learning Outcomes through Cooperative Learning Model Type Jigsaw Class III SDN 1 Ambal Sub-District Karangkobar Semester 1 Academic Year 2021/2022

Mufatun Mufatun

Abstract

Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul: “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas III SD N 1 Ambal Kecamatan Karangkobar Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan aktivitas belajar dan hasil belajar Matematika siswa kelas III SD N 1 Ambal kecamatan Karangkobar semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 untuk mengetahui keefektifan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dilakukan observasi dengan lembar pengamatan untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada siswa dalam proses pembelajaran melalui 2 siklus perbaikan pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas didapatkan hasil Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dapat meningkatkan kemampuan aktivitas belajar, mata pelajaran Matematika siswa kelas III SD N 1 Ambal semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 dari pra siklus 6 siswa atau 33,3% menjadi 9 siswa atau 77,7% pada akhir siklus II. Selain itu juga meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III SD N 1 Ambal semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 dengan nilai rerata dari pra siklus 66,7 menjadi 80,1 dan ketuntasan belajar dari 44,4% menjadi 77,7% pada akhir siklus II.

Keywords

Kemampuan Aktivitas Belajar, Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.