Increasing Student Activity and Learning Outcomes Heat Energy Materials hrough Contextual Teaching Learning Learning In Class IV Students Academic Year 2020/2021

Shofi Ahmad Husnan

Abstract

Peneliti melakukan perbaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas karena rendahnya hasil belajar siswa di SDIT AVICENNA LASEM Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang pada mata pelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk: mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran Contextual Teaching Learning pada siswa kelas IV SDIT AVICENNA LASEM pada mata pelajaran IPA terutama materi tentang energi panas. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas yaituss: (1) melalui pembelajaran contextual teaching learning dapat meningkatan prestasi belajar siswa. Pada studi awal, siswa yang tuntas dalam belajar hanya 7 siswa dari 13 siswa (54%) dengan nilai rata-rata 69,7. Pada siklus I, siswa yang tuntas belajar naik 23% (bertambah 3 siswa dari studi awal) menjadi 10 siswa atau 77% dengan nilai rata-rata 75,1. Pada siklus II siswa yang tuntas belajar naik 23% (bertambah 3 siswa dari siklus I) menjadi 13 siswa atau 100% dengan nilai rata-rata 80,4.(2) melalui pembelajaran contextual teaching learning dapat meningkatan aktivitas belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tentang energi panas pada siswa kelas IV SDIT AVICENNA LASEM.

Keywords

aktivitas,hasil belajar,pendekatan kontekstual

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.