Application Of Sas (Structural Analytic Synthetic) Method To Improve Reading Skills In Indonesian Lessons Assisted With Letters Card For Class 1 Students In Citeureup State School 04 Bogor

Nuryanah Nuryanah

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca melalui metode SAS (Structural Analytik Sintaksis) dengan bantuan media kartu huruf pada pesrta didik kelas 1 SDN Citeureup 04 Bogor. Mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik kelas 1 SDN Citeureup 04 Bogor dalam pembelajaran keterampilan membaca pelajaran Bahasa Indonesia berbantuan media kartu huruf pada siswa kelas 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh skor rata–rata 2,7 dalam kategori baik dan siklus II memperoleh rata-rata 3,25 dalam kategori sanagat baik. Pada siklus III diperoleh rata – rata 3, 76 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I presentase ketuntasannya sebesar 45 %. Siklus II presentase ketuntasannya mencapai 73 %. Siklus III presentase mencapai 100%. Kesimpulan akhir dari hasil belajar menggunakan metode SAS berbantuan kartu huruf adalah adanya peningkatan keterampilan membaca peserta didik di SDN Citeureup 04 Bogor.

Keywords

Metode SAS (Struktural Analitik Sintaksis), peningkatan keterampilan membaca, media kartu huruf.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.