Literature Study of PBL (Problem Based Learning) Learning Models on Students' Science Problem Solving

Nofi Tri Budiarti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji beberapa literature mengenai model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menelaah dan mengeksplorasi beberapa jurnal nasional dan buku serta sumber-sumber data yang dianggap relevan dengan penelitian atau kajian untuk dianalisis kemudian disajikan dalam hasil dan pembahasan sehingga dapat dibuat sebuah kesimpulan. Data dianalisis dengan 3 tahap, yaitu: organize, synthesize dan identify. Hasil dari penelitian studi literature ini diperoleh bahwa model pembelajaran Problem Based Learning mempunyai peranan penting sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA siswa

Keywords

IPA, literature, problem based Learning, pemecahan masalah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.